Selasa, 12 Juli 2022

Cara Nikmat Mengkonsumsi Buah Plum Tanpa Rasa Asam

 


Salah satu cara sehat untuk melakukan diet yaitu dengan mengkonsumsi buah plum. Buah plum merupakan jenis buah yang dibudidayakan di negara Eropa harga buah plum sendiri relatif ramah di saku. Buah ini memiliki warna keunguan dengan bentuk hampir mirip buah anggur. Terdapat beberapa spesies buah plum, seperti plum merah, plum kuning, plum ungu, hingga plum hitam.

 

Buah plum memiliki kandungan mineral dan 15 vitamin dengan jumlah kalori yang relatif rendah. Tidak heran apabila buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya untuk mencegah penyakit kronis. Untuk buah plum hitam dipercaya mengandung zat antioksidan yang lumayan banyak.

 

4 Cara Menikmati Buah Plum

Meskipun memiliki segudang manfaat, nyatanya buah plum tidak banyak penggemarnya. Hal ini dikarenakan harga buah plum yang terbilang lumayan serta rasanya yang cenderung asam. Namun ada beberapa cara sederhana untuk menikmati buah plum tanpa rasa asam, seperti :

 

1.   Diolah menjadi jus yang segar

Buah plum segar dapat dinikmati dengan cara diolah menjadi jus. Agar rasa asamnya berkurang bisa ditambahkan madu atau susu kental manis. Cara ini juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman untuk diet. Campuran madu dan gizi pada buah plum merupakan kombinasi yang efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

 

2.   Dicampur dengan sereal gandum

Untuk menjaga sistem pencernaan dan mencegah sembelit, buah plum bisa dikonsumsi dengan menambahkan sereal gandum atau oatmeal. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut mengandung serat. Cara ini juga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

 

3.   Plum kering agar tahan lebih lama

Agar dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama, plum dapat diolah menjadi buah kering. Caranya bisa dengan dijemur atau dipanggang. Penjemuran buah plum idealnya dilakukan selama 3 sampai 4 hari. Sedangkan untuk mengkonsumsinya perlu direbus dengan air mendidih pada suhu 250 derajat Celcius.

 

4.   Dicocol dengan coklat

Buah plum segar dapat dinikmati dengan menyiram atau dicocol dengan coklat berbentuk saus. Perpaduan rasa asam dari buah plum dengan rasa manis dari coklat akan menambah cita rasa yang nikmat. Cara ini juga membuat rasa asam tidak begitu terasa dan tentunya dapat memperbaiki mood.


EmoticonEmoticon