Selasa, 15 Februari 2022

Berikut Gambaran Prosedur dan Perawatan yang Dilakukan Saat Operasi Bypass

 

Operasi Bypass Jantung

Operasi Bypass jantung merupakan suatu langkah prosedur yang harus dilalui untuk mengatasi masalah okulasi dan juga stenosis arteri koroner pada pasien dengan riwayat penyakit arteri koroner. Prosedur penanganan ini dilakukan untuk menggantikan fungsi arteri koroner yang rusak dengan cangkok vaskular baru. Berikut prosedur yang dilalui saat operasi jantung bypass

Sebelum Operasi Jantung Bypass

Sebagai langkah persiapan yang perlu dilakukan saat hendak melakukan operasi jantung bypass, dokter akan menyarankan beberapa hal yang perlu dilakukan, jenis makan apa yang boleh dikonsumsi dan dihindari serta obat apa yang harus dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi. Selain itu, dokter juga akan melakukan serangkaian tes untuk mengukur tingkat kesiapan

Dalam proses tes tersebut, beberapa yang dilakukan yaitu dengan melakukan tahap konsultasi seperti menanyakan tentang riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan tes-tes lainnya. Anda juga akan melakukan rontgen dada, elektrokardiogram, tes darah, dan angiografi kardiovaskuler. Sebelum melakukan proses operasi, pasien diminta untuk berpuasa 8 jam

Prosedur Operasi jantung Bypass

Sebelum memulai operasi, pasien harus melepas semua perhiasan dan benda lain yang dapat mengganggu operasi. Pasien juga diharuskan mengenakan pakaian rumah sakit yang telah disiapkan. Operasi bypass jantung biasanya memakan waktu 3 sampai 6 jam tergantung pada jumlah pembuluh darah baru yang dibutuhkan.

Selama prosedur ini, pasien diberikan anestesi umum dan menjadi tidak sadar. Setelah pasien dibius, dokter akan memeriksa detak jantung, tekanan darah, kadar oksigen, dan fungsi pernapasan pasien. Setelah pemeriksaan selesai, ventilator dimasukkan melalui tenggorokan ke saluran udara pasien. Kemudian cuci kulit yang akan dioperasi dengan larutan antiseptik.

Selanjutnya, ahli bedah jantung membuat sayatan di tengah rongga dada dan membelah tulang dada sehingga jantung terlihat. Pada saat yang sama, ahli bedah lain dalam tim bedah mengangkat vena yang digunakan sebagai cangkok dari bagian tubuh yang lain, biasanya vena betis atau lengan. Saat operasi bypass, dokter kemudian memberikan obat khusus untuk menghentikan kerja jantung.

Fungsi jantung yang mensuplai darah ke seluruh tubuh digantikan oleh mesin jantung-paru yang terhubung dengan pembuluh darah besar jantung. Setelah jantung berhenti dan fungsi kardiopulmoner dipastikan, transplantasi pembuluh darah dari bagian tubuh lain dapat dimulai. Pembuluh darah baru ini ditransplantasikan ke dalam arteri koroner yang menyempit atau tersumbat.

Salah satu ujungnya terhubung ke bagian sebelum sumbatan dan ujung lainnya terhubung ke bagian setelah sumbatan. Dengan cara ini, jalan pintas atau bypass baru untuk darah lewat terbentuk. Setelah cangkok pembuluh darah baru  atau operasi bypass selesai, dokter akan merangsang jantung dengan sengatan listrik untuk membuat jantung berdetak lagi.

Proses tersebut akan dijalani jika anda melakukan operasi Jantung  bypass. Sebelum diambil keputusan untuk melakukan tindak operasi, anda kan melalui banyak sekali tes pengobatan. Untuk itu, periksakan kondisi anda kepada dokter jika memiliki riwayat penyakit jantung. Pemeriksaan dan konsultasi bisa dilakukan di Heartology Cardiovascular Center sebagai ahli jantung berpengalaman. Cek websitenya untuk mengetahui daftar sokter jantung serta jadwal prakteknya dan buat janji online disini https://heartology.id/

 

1 komentar

Surgical makes use of of 3D printing-centric therapies have a historical past precision machining beginning within the mid-1990s with anatomical modeling for bony reconstructive surgery planning. Patient-matched implants were a natural extension of this work, leading to really personalised implants that match one unique particular person. Virtual planning of surgery and steerage utilizing 3D printed, personalised devices have been utilized to many areas of surgery including total joint replacement and craniomaxillofacial reconstruction with great success.


EmoticonEmoticon