Jumat, 07 Mei 2021

Cara Fermentasi Kulit Kopi dengan EM4

 

Kopi merupakan komoditas yang banyak kita temukan dihasilkan oleh petani di Indonesia. Jenisnya pun beragam dari mulai kopi luwak, Arabica, kintamani dan sebagainya. Dimana secara umum dari sebuah pohon kopi yang bermanfaat adalah biji kopinya. Lalu bagaimana dengan kulit kopi atau kulit buahnya. Akankah berakhir di pembuangan dan tidak dimanfaatkan?

Kulit kopi dalam sekali panen bisa mencapai 60% volume keseluruhan. Oleh karena itu kita harus berpikir kreatif bagaimana memanfaatkan kulit buah tersebut. Yapp salah satunya bisa kamu manfaatkan sebagai pakan ternak terutama sapi potong. Karena di dalam kulit kopi terdapat kandungan protein yang tinggi, namun belum memenuhi standard pakan ternak secara SNI. Untuk itu kamu perlu menambahkan atau melakukan fermentasi menggunakan EM4.

EM4 merupakan Effective Microorganism tipe 4 yang mana bermanfaat untuk menurunkan resiko kandungan berbahaya dari kulit kopi. Diantaranya sapi tidak boleh terlalu berlebihan mengkonsumsi zat tannin, kafein dan juga serat yang kasar. Sedangkan kalsium dan fosfor yang ada di kulit kopi belum memenuhi standard SNI sehingga perlu kamu lakukan fermentasi menggunakan EM4.

Langkah-Langkah Fermentasi Kulit Kopi Memakasi EM4

Untuk meningkatkan nutrisi yang terdapat di kulit kopi kita akan menggunakan proses fortifikasi. Dimana proses fortifikasi adalah proses penambahan suatu zat atau beberapa zat yang tidak ada di pakan terseb
ut sesuai ukuran. Misalnya jika didalam pakan tidak terdapat fosfor dan kalsium maka kamu bisa menambahkan tulang sapi yang mempunyai kandungan tersebut. Setelah fortifikasi kamu lakukan dan kandungan gizi telah terpenuhi. Kamu bisa melanjutkan dengan proses fermentasi menggunakan EM4. Tujuan dari fermentasi sendiri juga sama, yaitu menambahkan nutrisi ke dalam pakan tersebut. Namun jika kamu belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu tempuh.

·        Langkah pertama yang perlu kamu tempuh adalah menambahkan starbio sebanyak 1 mililiter ke dalam sebuah beaker glass. Kemudian starbio tersebut harus kamu campurkan dengan menggunakan air mineral sejumlah 1 liter. Starbio adalah rangkaian koloni bakteri yang terbentuk secara alami. Diantaranya bakter lignolitik, kemudian selulolitik, lalu proteolitik, dan bakteri nitrogen dengan jenis fiksasi nonsimbiotik sebagai zat yang mempermudah pemecahan nutrisi sehingga bisa diserap oleh tubuh dengan mudah.

·        Campuran antara starbio dan air tersebut perlu kamu aduk sampai merata untuk bisa melanjutkan ke proses selanjutnya.

·        Kulit kopi atau kulit buah kopi yang telah kamu sisihkan bisa kamu gelar di atas terpal. Usahakan persebarannya merata dan tidak terlalu tebal.

·        Selanjutnya semprotkan atau percikkan campuran starbio dan air ke kulit kopi yang telah kamu taruh di atas terpal.

·        Setelah itu kamu perlu mencampurkan larutan starbio yang telah kamu buat dengan kulit kopi tersebut.

·        Kemudian setelah kulit kopi dan starbio tercampur secara merata, masukkan campuran tersebut ke dalam silo dalam kondisi anaerob. Lalu lanjutkan dengan proses pemadatan.

·        Jika sudah padat maka kamu harus menutup silo tersebut menggunakan selotip secara tepat, guna menghambat udara masuk ke dalam silo.

·        Nah proses ini perlu kamu tunggu hingga 1 minggu yaa baru kamu bisa mengatami hasilnya. Yaitu melihat apakah kandungan yang kamu harapkan telah terdapat pada pakan ternak sapi tersebut atau belum.

Ini merupakan pakan ternak yang tergolong murah dan mudah sekali bagi siapapun yang ingin membuatnya. Sebenarnya bukan hanya untuk sapi tetapi pakan ternak ini bisa kamu peruntukkan juga untuk ruminansia kecil. Kandungan protein kasar dalam kulit kopi sebelum mengalami proses fermentasi dan fortifikasi adalah kisaran 8,49%. Nah dengan adanya proses penambahan nutrisi tersebut maka pakan ternah menjadi lebih bagus untuk sapi maupun hewan ruminansia lainnya. Pakan ternak hasil fermentasi ini cenderung mempunyai pH asam sehingga bakteri pathogen tidak akan mengkontaminasi dan tentunya bisa kamu simpan dalam waktu yang lama. Nah temukan info menarik kopi disini Namun starbio akan mengurangi bau, warna, rasa, tekstur makanan dan pH menjadi layak untuk dikonsumsi hewan ternak.


EmoticonEmoticon