Sabtu, 11 Februari 2023

Apakah benar minum kopi bikin Ketagihan






Siapa yang tidak mengenal kopi ,Kopi adalah minuman biji kopi yang sudah di sangrai kemudian di haluskan menjadi bubuk yang siap di seduh dengan air hangat kemudian di sajikan

Manfaat kopi bagi kesehatan sangat banyak, di ataranya menjadikan tubuh tetap berenergi dan juga terjaga.  Kopi sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi, selain itu kopi mempunya 80 hingga 100 miligram kafein dalam secangkir kopi dan nutrisi di dalamnya adalah riboflavin ( vitamin B2) niasin ( vitamin B3) magnesium, kalium dan antioksidan.

Bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa kopi mempunyai banyak manfaat terrutama untuk kesehatan. Kali ini akan kita bahas manfaat kopi untuk kesehatan


Definisi Kopi

Kopi adalah minuman yang bisa mmebuat tubuh berenergi dan terjaga. Kopi mempunyai 80 hingga 100 miligram yang terdapat di secangkir kopi. Nilai kafein di dalam secangkir kopi yang ada hingga 8 ons selain daripada itu kopi mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat termasuk di dalamnya adalah B2 dan juga vitamin B3 magnesium,kalium dan juga antioksidan

Kopi tidak hanya mempunyai banyak nutrisi namun minuman kopi bisa dikatakan pengaruhnya sangat banyak mendunia dan menjadi salah satu bagian minuman yang digemari oleh sebagian orang baik dari kalangan muda maupun tua, dan cara mendapatkannya pun sangat mudah sekarang ini banyak penyedia kopi da warung warung ataupun bahkan di kaffe kaffe yang mneyediakan minuman kopi.

Pada dasarnya kopi di dalam pembuatannya cukup di sangrai lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk setelah itu akan menjadi kopi bubuk dan bisa dijual berupa kemasan. Kopi yang dijual dalam bentuk kemasan ini akan dimanfaatkan sebagian orang untuk dinikmati diseduh dirumah baik berupa minuman sendiri atau bisa jadi dijual dalam bentuk secangkir kopi seperti warung kecil atau restoran.

Kopi yang banyak dikenak orang adalah kopi robusta dan kopi arabika. Kedua kopi ini sudah memiliki penikmat masing masing  

Nah benarkah kopi bikin ketagihan , bagi yang suka robusta atau arabika?

Minuman kopi sendiri bisa mengakibatkan orang akan menjadi kecanduan dan tentu akan berefek pada kesehatan tertentu seperti Gerd atau tekanan darah tinggi,atau bisa menimbulkan tingkat kecemasan. Oleh karena itu saat mengkonsumsi kopi tidak boleh melebihi batas yang akan menimnbulkan penyakit.

Dalam hal ini sudah banyak sumber yang merekomendasikan 400 mg kafein per hari yang harusnya di konsumsi sebagai batas aman untuk orang dewasa yang mengkonsumsi kopi.


Ketahui Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Berbicara tentang kopi dan juga keseharian yang sebagian besar orang tidak bisa tidak minum kopi, perlu anda ketahui manfaat kopi bagi kesehatan.

Secara populer manfaat kopi dikalangan masyarakat adalah sebagai pencegah kantuk, akan tetapi anda harus tahu bahwa minuman kopi memiliki rasa pahit yang bisa menyimpan berbagai manfaat yakni untuk kesehatan, Nah diawah ini akan kita bahas manfaat kopi bagi anda yang hobi minum kopi 


1. Dapat mneingkatkan Energi

Kopi diyakini bisa meningkatkan energi seseorang karena banyak mengandung stimulan yang disebut sebagai kafein, dimana zat psikoaktof yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Oleh karena itu jangan ragu untuk mmengkonsumsi kopi dipagi hari karena akan memiliki manfaat yakni pemberi semangat aktifitas dengan meminum kopi pagi hari.


2. Bisa Menurunkan berat badan

Kopi juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan juga busa mempertahankan berat badan supaya tetap ideal. Dalam penelitian di  europen jounal of clinical nutrition mengamati bahwa minum kopi akan menurunkan berta badan dengan baik. Hasilnya tdk diragukan jika ingin memiliki tubuh yang ideal makan anda harus rutin minum kopi yang berkafein.

Dan  kafein yang ditemukan pada suplemen pembakar lemak . dan inilah yang menjadi salah satu dari zat alkami yang bisa dibuktikan akan membantu untuk membakar lemak, selain daripada itu dalam penelitian menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak kurang lebih 10 % bagi orang gemuk dan juga 30 % bagi orang khusus , namun ini berlaku pada jangka panjang.


3. Menurunkan Resiko Diabetes

Minuman kopi mengandung kafein yang beresiko  terkena diabetes , kafein pada kopi beresiko mempengaruhi kadar gula darah.Akan tetapi apabila kalian mengidap diabetes kafein pada kopi akan mempengaruhi kadar gula darah bisa menjadi tingi atau menjadi rendah.


4. Bisa Mencegah penyakit otak

Kafein yang terkandung pada kopi banyak memiliki manfaat positif terlebih pada otak, bisa meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan dan juga kosentrasi, selain itu bisa membuat suasana hati menjadi lebih menyenangkan dan bisa mengurangi stres.


5.Bisa melindungi hati

Kandungan kimia pada kopi bisa membantu terjadinya detok sel kanker pada hati. Akan tetapi dalam penelitian lebih dibutuhkan membuktikan seberapa efektif kopi dalam mengobati beberapa penyakit hati kronis.

Nah para penyuka kopi harus tahu bahwa banyak manfaat kopi menariknya kopi bisa melindungiterhadap sirosis.

Kafein mampu meningkatkan suasana hati yang menyenangkan dan membuat nyaman.akan membantu menurunkan depresi bahkan ada sebuah riset yang menemukan kopi bisa mencegah resiko bunuh diri.

Dalam penelitian menemukan bahwa minum kopi dapat memberi emosi positif termasuk kesenangan kebaikan kasih sayang dan juga persahabatan dan juga ketenangan. Temuan ini juga bisa dikatakan sebagai temuan dimana emosi negatif akan muncul karena mengkonsumsi kopi.


6. Antioksidan terdapat dalam kopi

Kandungan antioksidan pada kopi faktanya ada telah ditemukan dalam sebuah penelitian , walaupun begitu antioksidan dalam kopi sering dihubungkan dengan perlindungan kesehatan, karena memang bagus untuk kesehatan.


7. Dapat memberikan semangan olahraga

Kopi juga bs memberikan semangat olahraga yakni bisa meningkatkan kualitas dalam berolahrga. Adapun efeknya adalah dirasakan adanya peningkatan dalam kekuatan otot dan daya tahan tubuh serta memberikan kekutan.Dan minum kopi dalam takaran tertentu bisa meningkatkan kualitas olahraga.

Hal ini bisa membant tubuh menjadi lebih kuat dalam berolahraga. 


9. Bisa menjaga Kesehatan Jantung

Dalam bahasan Harvard School of Public Health bahwa minum kopi dengan rutin akan menurunkan resiko yang menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke.


10.Bisa mencegah kanker

American Cancer Society  mengatakan bahwa ada beberapa penelitian yang bisa dibuktikan bahwa kopi bisa menurunkan beberapa penyakit kanker dan postat , nah hal ini tentu bagus untuk penderita kanker Menurut situs Harvard School of Public Health mengatakan bahwa kopi bisa mempengaruhi perkembagan kanker 

Nah itu tadi bahasan tentang manfaat kopi ternyata banyak juga manfaatnya buat kita, semoga dengan ini kita bisa menanfaatkan dan tau arti penting bahwa kopi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan





EmoticonEmoticon