Selasa, 06 Juli 2021

Manfaat Kopi Bali Kintamani dan Pengolahannya

 


Manfaat kopi Bali Kintamani sudah terkenal di seantero negeri. Bahkan Bapak Presiden kita juga sudah mengakui enaknya kopi Bali Kintamani. Jika kamu seorang penggemar kopi, namun belum pernah mencoba kopi Kintamani, maka sayang sekali. Kamu melewatkan rasa kopi berkelas internasional dari Bali.

Kopi Kintamani ini juga merupakan salah satu komoditas ekspor yang terbaik dari Indonesia, yang biasanya akan dikirim ke berbagai negara yang ada di Eropa maupun Asia secara umum. Kopi Bali Kintamani berbeda dengan jenis biji kopi Indonesia lainnya. Nah kali ini kita akan mengulas seputar keistimewaan kopi Bali kintamani dan manfaat seperti apa yang akan kita peroleh jika mengkonsumsinya.

Proses Pengolahan Kopi Bali Kintamani

Sebelum kita membahas manfaat kopi Bali Kintamani, kita awali terlebih dahulu pengenalan terhadap kopi istimewa negeri ini. Kopi Bali ini masuk ke dalam varian arabika yang mempunyai daya tahan hidup yang lama. Biasanya tumbuhan ini akan tumbuh subur di tanah vulkanis yang cenderung gembur, salah satunya ada di daerah Kintamani. Bibit kopi Kintamani sudah masuk ke wilayah Bali semenjak kita menginjak abad ke 20.

Mengolah kopi bali ini, berawal dari kita petik dulu biji kopinya. Para pengolah kopi akan menyisihkan antara buah kopi dan biji kopi sebelum bijinya mengering. Hal inilah yang membedakannya dengan kopi jenis lain dari Indonesia. Dimana biasanya buah kopi harus mengalami penjemuran terlebih dahulu sebelum dipisahkan dengan bijinya.

Rasa kopi Bali Kintamani sangat istimewa, karena mempunyai cita rasa yang pas atau seimbang antara asam dan pahitnya. Sehingga di lidah akan terasa sebuah tekstur rasa yang lembut. Kemudian aroma dari kopi Kintamani ini juga segar dan cenderung berbeda dengan kopi jenis lain yang aromanya lebih ke rempah. Kopi ini kami rekomendasikan untuk kamu konsumsi di siang hari sambil bersantai ataupun saat malam hari, baik dalam cuaca panas maupun sejuk ya.

Apa Saja Manfaat Kopi Bali Kintamani yang Bisa Kita Rasakan?

Bagi kamu yang sudah beranjak dewasa, manfaat kopi Bali Kintamani akan sangat terasa bagi kesehatan loh. Berbeda dengan kopi lain yang cenderung malah bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Nah berikut ini ada beberapa manfaat kopi Bali Kintamani yang akan kamu rasakan.

·        Cegah Kanker

Secara umum kopi Kintamani bisa membantu kamu dalam mencegah tubuh terkena kanker. Hal ini karena dalam kopi Bali ini terdapat kandungan yang bisa mengaktifkan hormon estrogen dan hormon insulin. Dimana apabila dalam tubuh kita kadar hormon tersebut tercukupi maka kita akan bisa menangkal sel-sel kanker dan bahkan mencegah persebarannya.

·        Zat Antioksidan

Dalam kopi Kintamani ini juga akan kamu temukan zat antioksidan, yang mana berlaku dalam pengusiran zat-zat beracun yang terdapat pada tubuh kita. Dengan begitu sirkulasi darah menjadi lebih lancar, suplai oksigen ke seluruh tubuh juga berjalan dengan baik dan sebagainya.

Jika kamu bukan penggemar kopi yang strong maka kopi Kintamani bisa menjadi pilihan yang sangat pas. Karena kopi yang berasal dari Bali ini mempunyai kadar kafein yang rendah. Kopi ini juga menjadi minuman yang banyak dicari wisatawan luar negeri yang sedang berkunjung ke Bali. Sehingga tak heran apabila kopi ini menjadi komoditas ekspor favorit.

Setelah kamu mengetahui manfaat kopi Bali Kintamani ini pasti kamu penasaran dengan rasanya. Nah untuk mencicipinya kamu bisa langsung berkunjung ke Bali atau cari diberbagai ecommerce yang menyediakan produk asli Bali terutama kopi. Temukan informasi menarik dengan begitu kamu bisa menikmati kopi Kintamani di saat kamu bersantai.


EmoticonEmoticon